Beranda » BERITA » Sebanyak 12 Parpol di Kota Magelang Penuhi Syarat Penelitian Administrasi
Senin, 20 November 2017 - 12:25:46 WIB
Sebanyak 12 Parpol di Kota Magelang Penuhi Syarat Penelitian Administrasi
Diposting oleh : Administrator KPU Kota Magelang
Kategori: BERITA - Dibaca: 74 kali

Magelang, kpud-magelangkota.go.id- Sebanyak 12 partai politik (parpol) di tingkat Kota Magelang telah memenuhi syarat secara administrasi sebagai calon peserta pemilu tahun 2019. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian administrasi yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang pada 17 Oktober sampai dengan 15 November 2017.

Adapun 12 parpol tersebut yaitu Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Berkarya, Partai Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan 2 parpol lainnya yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) belum memenuhi syarat secara administrasi.

Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron, mengatakan bahwa parpol diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan dokumen sejak 18 November sampai dengan 1 Desember mendatang. Hal itu disampaikannya dalam acara Penyerahan Hasil Penelitian Administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 di Tingkat Kota Magelang, Kamis (16/11), di Kantor Badan Kesbangpolinmas Kota Magelang.

Basmar menjelaskan bahwa dalam penelitian administrasi dokumen keanggotaan parpol di wilayahnya, jumlah batasan minimal anggota yang memenuhi syarat adalah 1/1000 (satu per seribu) dari jumlah penduduk Kota Magelang, yakni 129 anggota. “Terkait hal itu, maka baik parpol yang telah memenuhi batasan minimal jumlah anggota yang MS (memenuhi syarat-red) maupun yang belum, diberikan kesempatan untuk memperbaiki,” tambahnya.

Mengacu pada Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017, penelitian administrasi adalah penelitian terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen sebagai pemenuhan persyaratan partai politik menjadi peserta pemilu. Tahapan ini berlanjut pada perbaikan administrasi serta penelitian administrasi hasil perbaikan yang jatuh pada awal Desember mendatang. Acara penyerahan hasil penelitian administrasi dihadiri oleh unsur parpol, Panwas Pemilihan Kota Magelang dan Badan Kesbangpolinmas Kota Magelang.



0 Komentar :