Beranda » BERITA » Rakor Pemetaan dan Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2017
Senin, 18 Desember 2017 - 11:04:01 WIB
Rakor Pemetaan dan Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2017
Diposting oleh : Administrator KPU Kota Magelang
Kategori: BERITA - Dibaca: 99 kali

Magelang, kpud-magelangkota.go.id-  Rapat Koordinasi Pemetaan dan Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang, pada hari Sabtu (16/12) di Ruang Rapat Kantor KPU Kota Magelang, Jalan Diponegoro No.59 Magelang.

Dalam sambutannya Basmar Perianto Amron Ketua KPU Kota Magelang menyampaikan bahwa berkaitan dengan pendaftaran pemilih dalam pemilu, yang namanya pemilih adalah roh dari pemilu itu sendiri, karena dengan data pemilih yang akurat maka keakuratan nanti siapa yang berhak memilih atau mempunyai hak pilih hak konstitusionalnya akan bisa terjaga. Ketika hak konstitusional warga untuk menjadi pemilih itu bisa diakomodir, maka pemutakhiran daftar pemilih akan berkualitas atau lebih baik. diharapkan nanti proses perekrutan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) benar-benar diperhatikan karena pentingnya peran PPDP sebagai ujung tombak sukses tidaknya dan tingkat keakuratan data pemilih.”ujarnya.

Sementara itu, pemaparan dari Iwan Dono Indarto Divisi Perencanaan dan Data menjelaskan tentang Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pilgub Jateng Tahun 2018. Diantaranya Iwan menjelaskan tentang Penyusunan Daftar Pemilih, dalam menyusun daftar pemilih, jumlah pemilih disetiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) paling banyak 800 (delapan ratus) orang, dengan memerhatikan: tidak menggabungkan desa/kelurahan, memudahkan pemilih, hal-hal berkenaan dengan aspek geografis, jarakn dan waktu tempuh menuju TPS dengan memerhatikan tenggang waktu pemungutan suara,”kata Iwan.

Iwan menambahkan bahwa berdasarkan hasil penyusunan daftar pemilih dalam TPS, PPK mengangkat PPDP disetiap TPS dengan memerhatikan: PPDP dapat berasal dari pengurus Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) atau lainnya, atas usulan dari PPS (Panitia Pemungutan Suara) setempat dan jumlah PPDP untuk setiap TPS adalah 1 (satu) orang.

Peserta yang hadir dalam rakor adalah Ketua PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan Divisi yang membidangi, Ketua PPS Se-Kota Magelang.



0 Komentar :