Beranda » BERITA » Partai Berkarya dan Partai Garuda Kota Magelang Terima Hasil Verifikasi Faktual
Senin, 15 Januari 2018 - 10:30:51 WIB
Partai Berkarya dan Partai Garuda Kota Magelang Terima Hasil Verifikasi Faktual
Diposting oleh : Administrator KPU Kota Magelang
Kategori: BERITA - Dibaca: 262 kali

Magelang, kpud-magelangkota.go.id- Partai Berkarya dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) Kota Magelang telah menerima hasil verifikasi faktual pada Jumat (12/1/2018) kemarin. Penyerahan dilakukan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang Basmar Perianto Amron, didampingi anggotanya, di Kantor KPU Kota Magelang, Jl. P. Diponegoro No 59 Kota Magelang.

Sebelumnya, KPU Kota Magelang telah melaksanakan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan Partai Berkarya dan Partai Garuda sejak tanggal 8 Januari 2018. Berdasarkan hasil verifikasi, Partai Berkarya dinyatakan memenuhi syarat, sedangkan Partai Garuda masih harus melakukan perbaikan. Dalam hal ini secara kepengurusan Partai Garuda belum dapat menghadirkan 1 orang yang mewakili unsur 30% keterwakilan perempuan. Adapun secara keanggotaan Partai Garuda belum dapat memenuhi batas minimal syarat keanggotaan di Tingkat Kota Magelang. Proyeksi dari hasil verifikasi faktual keanggotaan Partai Garuda yang memenuhi syarat belum mencapai 129 anggota.

Verifikasi faktual terhadap Partai Berkarya dan Partai Garuda merupakan tindak lanjut dari Putusan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia Nomor: 001/PS.REG/BAWASLU/XII/2017 dan Nomor: 002/PS.REG/BAWASLU/XII/2017. Dalam pelaksanaannya KPU Kota Magelang berpedoman pada Keputusan KPU RI NOMOR 233/PL.01.1-Kpt/03/KPU/XII/2017 yang ditetapkan pada 23 Desember 2017 lalu.

Selanjutnya, KPU Kota Magelang menerima perbaikan hasil verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik mulai tanggal 13 s.d. 26 Januari 2018. Tahapan ini diikuti dengan kegiatan verifikasi faktual hasil perbaikan yang dijadwalkan pada tanggal 23 Januari s.d. 3 Februari 2018.

Verifikasi faktual untuk partai calon peserta pemilu tahun 2019 ini sebelumnya telah dilakukan terhadap Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Keduanya dinyatakan telah memenuhi syarat di Tingkat Kota Magelang. Perindo dan PSI menerima hasil verifikasi faktual terlebih dulu pada tanggal 5 Januari 2018. Sebagaimana diketahui, tahapan verifikasi untuk keduanya masih mengacu pada Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.


0 Komentar :