Warning: session_start(): open(/var/cpanel/php/sessions/ea3/sess_99cf59f4560c529625d8bf2949cd650a, O_RDWR) failed: No such file or directory (2) in /home/aplkmk12/public_html/media.php on line 3
LIMA BELAS PARPOL LOLOS VERIFIKASI TINGKAT KOTA MAGELANG
Beranda » BERITA » LIMA BELAS PARPOL LOLOS VERIFIKASI TINGKAT KOTA MAGELANG
Minggu, 04 Februari 2018 - 12:58:43 WIB
LIMA BELAS PARPOL LOLOS VERIFIKASI TINGKAT KOTA MAGELANG
Diposting oleh : Administrator KPU Kota Magelang
Kategori: BERITA - Dibaca: 200 kali

Magelang, kpud-magelangkota.go.id- Sebanyak 15 partai politik (parpol) telah dinyatakan lolos atau memenuhi syarat (MS) dalam tahapan verifikasi kepengurusan dan keanggotaan di tingkat Kota Magelang. Tiga parpol di antaranya telah lebih dulu MS dalam tahapan verifikasi yang dilaksanakan pada Desember sampai dengan awal Januari lalu. Ketiganya merupakan parpol baru, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Berkarya. Menyusul kemudian parpol peserta pemilu 2014 sebanyak 11 parpol dan 1 parpol baru yang sebelumnya telah mengikuti tahap perbaikan.

Sebagaimana diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan uji materi terhadap Pasal 173 ayat (1) dan ayat (3) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang diajukan oleh Partai Idaman. Dengan demikian parpol yang telah ditetapkan sebagai peserta pemilu tahun 2014 tetap harus mengikuti tahapan verifikasi faktual oleh KPU. Sesuai jadwal pada Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018, kegiatan verifikasi kepengurusan dan keanggotaan parpol pasca putusan MK jatuh pada tanggal 30 Januari sampai dengan tanggal 1 Februari 2018.

Adapun KPU Kota Magelang menyampaikan hasil verifikasi tersebut kepada 12 parpol yang mengikuti tahapan pasca putusan MK pada Jumat (2/2/2018) pukul 15.00 WIB. Acara penyerahan bertempat di Ruang Rapat Kantor KPU Kota Magelang, Jl. P. Diponegoro No. 59 Magelang dengan dihadiri 11 parpol dan Panwas Pemilihan Kota Magelang. Satu parpol yaitu PKP Indonesia tidak hadir dan mengambil dokumen hasil verifikasi pada Sabtu, (3/1/2018) siang.

Divisi Hukum KPU Kota Magelang, Basmar Perianto Amron, menyampaikan bahwa terdapat 1 parpol yang belum memenuhi syarat untuk tahapan verifikasi kepengurusan dan keanggotaan, yaitu PKP Indonesia. “Parpol tersebut diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan pada tanggal 3 sampai dengan 5 Februari dan selanjutnya KPU Kota Magelang akan memverifikasi pada tanggal 6 Februari 2018,” terang Basmar.

Sampai dengan saat ini, kelima belas parpol yang telah memenuhi syarat di Kota Magelang adalah Perindo, PSI, Partai Berkarya, Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Partai Demokrat, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Amanat Nasional (PAN). (hkm)



0 Komentar :