Beranda » BERITA » Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran pada Pemilu 2019
Senin, 04 Juni 2018 - 10:43:24 WIB
Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran pada Pemilu 2019
Diposting oleh : Administrator KPU Kota Magelang
Kategori: BERITA - Dibaca: 74 kali

Magelang, kpud-magelangkota.go.id-  Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang melaksanakan Bimtek Penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran pada Pemilu 2019, pada Senin (4/06) yang bertempat di Nyah Ireng, Jl. Diponegoro No. 38, Cacaban, Magelang.

Pemaparan materi oleh Iwan Dono Indarto Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Magelang tentang Pemutakhiran Data  Pemilih Dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilu 2019, ia menyampaikan Penyusunan daftar Pemilih dilakukan dengan membagi Pemilih untuk Tiap TPS Paling banyak 300 (tiga ratus) Orang dengan memperhatikan:  tidak menggabungkan kelurahan /desa atau sebutan lain; Kemudahan Pemilih; Tidak memisahkan pemilih dalam satu keluarga ,hal-hal berkenaan dengan aspek geografis; dan jarak dan waktu tempuh menuju TPS dengan memerhatikan tenggang waktu pemungutan suara.

Iwan menjelaskan bahwa KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota dalam menyusun data Pemilih, DPS, DPSHP, DPSHP Akhir, DPT dan DPTb menggunakan Sidalih; Sidalih sebagaimana dimaksud pada ayat (1) digunakan untuk proses kerja penyelenggara Pemilu dalam menyusun, mengoordinasi, mengumumkan, memelihara data Pemilih dan DPTb serta masukan dan tanggapan; KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh, dan KPU/KIP Kabupaten/Kota dalam menyediakan data Pemilih, DPS, DPSHP, DPT, dan DPTb memiliki sistem informasi yang dapat terintegrasi dengan sistem informasi administrasi kependudukan; KPU menggunakan Sidalih untuk mengumumkan DPS, DPSHP, DPT, dan DPTb melalui laman KPU; DPS, DPSHP, DPT, dan DPTb yang diumumkan melalui laman KPU tidak menampilkan informasi Nomor Induk  Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga Pemilih secara utuh.

Pemutakhiran data Pemilih di rumah tahanan, lembaga pemasyarakatan, dan rumah sakit dilakukan oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota bersama PPK dan PPS setempat, dalam melaksanakan pemutakhiran data Pemilih, KPU/KIP Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan petugas rumah tahanan, lembaga pemasyarakatan, dan rumah sakit yang bersangkutan,”papar Iwan.

 

 



0 Komentar :