Magelang, kpud-magelangkota.go.id-  Komisi Pemilihan Umum Kota Magelang melaksanakan Pendidikan Pemilih Pemilu 2019 melalui Forum Warga Berbasis Keluarga di 17 Kelurahan Se Kota Magelang. Kegiatan yang dilaksanakan dari awal bulan oktober (6/10) sampai dengan 17 Oktober 2018 yang bertempat dibalai kelurahan.

Materi yang disampaikan tentang Sosialisasi Tahapan Kampanye Pemilu Tahun 2019, diantaranya adalah : Pemilihan Umum Tahun 2019 terdiri dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR-RI, Anggota DPRD Provinsi, Anggota DPRD Kab/Kota dan Anggota DPD.

Metode kampanye : Pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, Penyebaran BK ke tempat umum, Pencetakan APK ditempat umum, media sosial, iklan media cetak, elektronik, dan dalam jaringan, rapat umum, debat pasangan calon presiden dan wakil presiden, dan kegiatan lain yang tidak melanggar larangan dan aturan.

Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga Merupakan  upaya yang dilakukan secara terencana, sadar, partisipatif, kontekstual dan berkesinambungan dengan sasaran keluarga dalam rangka membentuk keluarga sadar pemilu.

Keluarga sadar pemilu yaitu : Tahu hak dan kewajibannya dalam pemilu, Turut serta mendorong terwujudnya pemilu damai, demokratis dan berintegritas, Aktif berpartisipasi pada semua tahapan pemilu, Keluarga sebagai penyaring terhadap informasi yang bersifat bohong atau hoax yang berasal dari lingkungan sosial di luar keluarga, Lahirnya tradisi dialog dalam keluarga untuk menyikapi isu-isu kepemiluan.

Metode Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga ; yang pertama  dari Pintu ke Pintu yaitu dilakukan dengan cara mendatangi keluarga pemilih dan tokoh masyarakat dari pintu ke pintu atau door to door. Dan yang kedua Forum Warga merupakan salah satu bentuk perwujudan dari demokrasi partisipatif  yang lahir dari kebutuhan akan wadah komunikasi, pengorganisasian masyarakat dan aksi bersama.

Pada kesempatan tersebut KPU Kota Magelang menyerahkan doorprize berupa payung dan jam dinding kepada warga yang sudah bertanya maupun yang bisa menjawab pertanyaan dari narasumber.